Share Every Moment

Rabu, 04 Mei 2016

Lenong

Tidak ada komentar



Apakah itu lenong? Dari manakah asalnya? Apakah lenong merupakan budaya Indonesia berupa tarian tradisional atau permainan tradisonal? Bukan, Lenong merupakan suatu budaya khas Indonesia yang berasal dari betawi. Lenong merupakan suatu tontonan tradisional dalam bentuk teater.
Biasanya, tontonan tradisional khas betawi ini digelar sambil diiringi gambang kromong dengan alat-alat musik seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrekan, serta alat musik unsur Tionghoa seperti tehyan, kongahyang, dan sukong.
Skenario dalam tontonan tradisional ini mengandung sebuah pesan seperti, menolong yang lemah, menolak kerakusan dan perbuatan tercela, dsb. Tidak seperti ludruk yang bertujuan untuk menghibur penonton. Bahasa yang digunakan dalam lenong menggunakan bahasa melayu dengan dialek khas orang betawi.
Terdapat dua jenis lenong yaitu lenong denes dan lenong preman. Dalam lenong denes (dari kata denes dalam dialek Betawi yang berarti "dinas" atau "resmi"), aktor dan aktrisnya umumnya mengenakan busana formal dan kisahnya ber-seting kerajaan atau lingkungan kaum bangsawan, sedangkan dalam lenong preman busana yang dikenakan tidak ditentukan oleh sutradara dan umumnya berkisah tentang kehidupan sehari-hari. Selain itu, kedua jenis lenong ini juga dibedakan dari bahasa yang digunakan; lenong denes umumnya menggunakan bahasa yang halus (bahasa Melayu tinggi), sedangkan lenong preman menggunakan bahasa percakapan sehari-hari.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar